MENGENAL RAGAM GEJALA KANKER SARAF SEJAK DINI

Neuroblastoma-alodokter

Sumber gambar alodokter.com

Gejala kanker saraf – Dewasa ini perkembangan penyakit kanker semakin hari semakin mengkhawatirkan. Gangguan kesehatan ini sekarang sudah mencapai taraf berbahaya. Bagaimana tidak, sekarang sudah tidak ada batasan usia maupun latar belakang penderita. Hampir semua orang memiliki resiko dan kemungkinan yang sama terserang kanker. 

Tidak berhenti sampai disitu. Penyebaran penyakit ini juga semakin hari semakin membuat bulu kuduk berdiri. 

Ya, sampai saat ini penyebab dari kanker sendiri masih belum ditemukan. Akan tetapi, semakin hari, semakin banyak orang yang menderita kanker. Bahkan, beberapa juga menderita penyakit kanker serius dan langka; sebut saja kanker saraf. 

Kanker saraf sendiri adalah jenis kanker yang jarang ditemui. Kanker ini umumnya menimpa anak-anak 5 tahun ke bawah. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa orang di atas usia tersebut bisa juga terkena gangguan kesehatan ini. 

Kanker saraf—atau dalam bidang medis disebut juga dengan Neuroblastoma—adalah gangguan kesehatan yang serius. 

Dalam perkembangannya belum banyak yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker jenis ini. Hanya saja, satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk menghindarkan diri dari kemungkinan buruk adalah dengan mengetahui gejala dan ciri-cirinya. 

Gejala kanker saraf sendiri sama dengan kanker jenis lain; beberapa ada yang mudah terlihat, beberapa lagi samar. 

Oleh karena  hal tersebut, butuh ketelitian dan fokus lebih untuk membedakan mana gejala kanker dan mana gejala penyakit lain. Di samping itu, dibutuhkan juga keberanian dan kemauan untuk datang dan berkonsultasi dengan para ahli mengenai gejala-gejala yang dirasakan. 

Mungkin akan ada pertanyaan begini; apa saja gejala yang dimaksud? Bagaimana cara membedakannya dengan gejala penyakit lain? Untuk mengetahui jawabannya, mari kita simak ulasan berikut ini. 

JIKA SEL KANKER MENJALAR KE AREA PERUT DAN SEKITARNYA – GEJALA KANKER SARAH 

Sebelum membahas mengenai gejala secara mendetail; Anda harus tahu terlebih dulu bahwa kanker jenis ini punya penyebaran yang kompleks. Bagaimana maksudnya? Jadi begini. Dikutip dari alodokter.com, sistem saraf di Indonesia sangatlah banyak, juga kompleks. Pada kasus kanker saraf, penderita akan mengalami gejala berdasarkan titik sel kanker berada. Jika titik tersebut ada di area perut, maka gejala yang timbul akan ada di area tesebut. Pun kalau gejala ada di area tubuh yang lain. 

Lalu bagaimana jika kanker tersebut menyerang saraf yang ada di area perut? Jika hal ini terjadi, ada beberapa kemungkinan gejala yang bisa Anda kenali. 

Nyeri perut, konstipasi, kulit perut yang terasa panas saat disentuh, gangguan selera makan, pembengkakan perut hingga penurunan berat badan yang drastis adalah ragam gejala yang bisa Anda kenali. 

JIKA SEL KANKER MENJALAR KE AREA DADA DAN SEKITARNYA – GEJALA KANKER SARAF 

Jika kanker saraf sudah menjalar ke area dada, gejala yang mungkin dirasakan adalah nyeri di area dada, sesak napas, kemudian disertai mengi. 

Pada beberapa kasus gejala di atas relatif mirip dengan beberapa penyakit. Namun demikian, Anda bisa membedakan gejala tersebut dengan mempertimbangkan kedatangan gejala-gejala tadi. Maksudnya, Anda bisa terindikasi menderita kanker saraf manakala Anda mendapatkan gejala-gejala di atas sekaligus. 

JIKA SEL KANKER MENJALAR KE AREA TULANG BELAKANG – GEJALA KANKER SARAF 

Hellosehat.com menjelaskan bahwa, jika sel kanker menjalar ke area tulang belakang, gejala yang ditimbulkan beda lagi. Jika hal ini terjadi, hal yang paling mungkin Anda rasakan adalah mengalami mati rasa atau lemah pada bagian tubuh bawah. Bisa juga Anda mengalami gangguan pergerakan saat mendapati sel kanker sudah menjakar ke area tulang belakang. 

Nah itu tadi beberapa gejala kanker saraf. Gejala-gejala di atas bisa dikenali mana kala Anda jeli dan teliti dalam mengenalinya. 

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>